Anggota Paskibraka Berlatih Keras Baris Berbaris

Proses pelatihan dan pemantapan yang harus dilakukan oleh 66 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2006 di lapangan Pusat Pengembangan Sumber Daya Pemuda Cibubur, Jakarta Timur adalah baris berbaris.

Anggota Paskibraka dari 33 provinsi ini harus menjalankan seluruh instruksi dari tim pelatih, terutama dalam hal keselarasan formasi dan baris berbaris selama sekitar 7 jam.

Dalam latihan ini anggota Paskibraka harus mampu memainkan formasi secara tepat terutama untuk kelompok 8 yang bertugas mengambil bendera pusaka dari presiden selaku inspektur upacara untuk selanjutnya dikibarkan dan juga diturunkan. Selain itu kekompakan anggota Paskibraka dengan komandan upacara juga mendapat gemblengan khusus, dari tim pelatih yang terdiri dari unsur Angkatan Darat, Angkata Udara, Angkatan Laut dan Kepolisian.

Menurut tim pelatih, untuk menemukan kekompakan formasi memerlukan waktu yang cukup lama dan konsentrasi yang cukup tinggi. Namun tim pelatih yakin anggota Paskibraka 2006 dalam waktu seminggu kedepan dapat menemukan kekompakan formasi tersebut.