Gladi Penurunan Bendera

Dua hari menjelang peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke 61, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2006 terus mendapatkan berbagai pelatihan di Istana Merdeka Jakarta.

Pelatihan Paskibraka 2006 Senin (14/08/06) kemarin, memasuki tahap gladi kotor kedua di Istana Merdeka dengan latihan menurunkan sang saka Merah Putih. Latihan ini merupakan rangkaian pelatihan setelah sebelumnya dilakukan gladi kotor detik-detik peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke 61 yang dilanjutkan dengan upacara pengibaran bendera pusaka.

Dalam gladi ini anggota Paskibraka mempraktekkan seluruh rangkaian upacara penurunan sang saka merah putih yang pada pagi harinya telah dikibarkan dalam upacara detik-detik peringatan hari proklamasi kemerdekaan.

Satu anggota Paskibraka putri juga dilatih untuk membawa baki yang digunakan untuk membawa bendera pusaka termasuk menaiki dan menuruni anak tangga Istana Merdeka.

Dua hari menjelang pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi pada hari Kamis, 17 Agustus 2006 lusa, pelatihan bagi anggota Paskibraka sudah hampir memasuki tahap akhir. Termasuk pemantapan dan pengukuhan oleh Presiden SBY yang dijadwalkan akan dilakukan pada petang nanti.